Bingung Cari Silabus dan RPP Rekayasa Perangkat Lunak


Waahhhh, udah September ni. Sekolah udah minta dikumpulin bahan ajar untuk semua mata pelajaran baik itu Kejuruan ataupun umum. Dicari-cari di Google gak ketemu tu contoh silabus kejuruan buat Rekayasa Perangkat Lunak. Ditanya ke percetakan juga gak punya buku cetaknya. Walaupun rasanya yang diajarkan ini masih belum keluar dari koridor mata pelajaran yang dimaksud, tetap saja masih stress nyariin bahan ajar yang tepat. Mungkin teman-teman yang seprofesi bisa membantu memberikan bahan ajar (seperti KTSP, Silabus, RPP, Prota, dll) untuk Jurusan RPL Mata Pelajaran Jarkom Dan Internet, Desain Grafis, Power Point, Jarkom Lanjutan, dan KKPI untuk umum (kebetulan ada ngajar juga di Jurusan Mekatronika dan Akuntansi). Tapi kebetulan ada dapat dari teman di SMK lain bahan ajar KKPI, cuma agak beda dengan LKS yang dipakai di SMK kami.

Ada cerita menariknya, kenapa saya postingkan hal ini. Kemarin Pekanbaru hujan lebat, jadi malas ke Sekolah. Tapi dipaksakan juga. Jadi dengan malas saya ke sekolah tanpa membawa notebook/laptop karena dipinjam dan belum dikembalikan teman. Janjinya sih pagi-pagi udah diantar, tapi boong. Nah, dengan santai saya mengajar tanpa membawa bahan apapun karena semuanya ada di tas Laptopnya. Nah…. ini dia, pas ngajar eee datang pengawas dari Dinas (namanya Bpk Lukman Hakim kalo gak salah) masuk dan nanya-nanya. Mana bahan ajarnya pak, santai aja saya jawab “Hari ini gak bawak pak, semua di laptop dan laptopnya dipinjam teman kemarin belum dipulangkan”. Akhirnya beliau keluar dengan pesan besok bawa bahan ajarnya setiap hari ya pak. Siap pak kata saya.

Saya tidak merasa begitu bersalah sih, soalnya pas pengawas datang adalah pelajaran KKPI dan saya memang sudah punya bahan ajarnya. sedikit banyaknya begitu. Tapi hari ini dan besok gimana?, mata pelajaran jurusan yang namanya aja masih sering ganti-ganti apalagi bahan ajarnya.

Jadi jika ada diantara Bapak/Ibu guru yang memiliki bahan ajar yang mirip-mirip mata pelajarannya dengan, mohon kesediaannya disharingkan dengan saya. Demikianlah kegundahan saya.

Ngomong-ngomong pengawas dari Dinas itu juga mendapati guru-guru lain membuat kesalahan yang sama. Akhirnya para bos dikumpulkan dan disidang sama pengawas itu.

About these ads

24 Responses

  1. wah, pengalaman yang cukup serius juga ya, sayang sekali perangkat yang saya punya bukan mata pelajaran yang saudara ampu kalau sama yang pasti saya kirim ke web saudara. makanya kalau hal yang penting paling tidak harus dibuatkan banyak arsipnya baik di laptop pribadi maupun di komputer sekolah agar sewaktu kita perlukan data kita mudah ditemukan atau didapat.

  2. Wah mas saya juga kesulitan memperoleh Silabus dan RPP buat RPL Smk, kalau punya di Share dong. Mohon bantuannya ya mas

  3. Sama lagi nyari silabus KKPI RPL yang terbaru, bila ada kasih tahu….tank

    • entar coba saya ketikkan dulu. tapi silabus aja ya…soalnya rppnya belum. saya belm bisa buatnya. maklum deh, masih belajar. kami di smkn6 pekanbaru jurusan rpl menyelesaikan kkpi dalam 1 semester. jadi pelajaran kkpi tidak ada lagi di semester selanjutnya.

  4. mhon infonya pak, apa sekarang sudah menemukan silabus jurusan RPL? Karena saya mengulang pengalaman bapak nih..
    kalo ada mohon dibantu kirim ke email ya pak.. tx b4..

  5. mas, saya juga sama kesulitan memperoleh Silabus dan RPP buat RPL Smk

  6. mas ,bisa gx tolong saya untuk carikan, bahan untuk belajar tentang RPL,saya adlah salah satu murid smk jurusan RPL????????????????????tolong ea mas kirm ke e_mail saya

    • bahannya banyak, …. saya juga nyari terus. masalahnya kita guru aja otodidak, dari buku atau tutorial internet. pemerintah jarang bikin pelatihan untuk jurusan RPL.
      Saran saya punya laptop, atau kompi, terus belajarnya setiap hari sampai tengah malam. Maen game distop aja, mending buat game sendiri. pasti seru…

  7. smoga link ini membantu :)
    http://www.indowebster.com/Silabus_RPL_I_Genap_20072008.html

  8. kacaw memang nich pengajaran rpl, aneh aja siswa wajib bisa membuat program dalam waktu singkat. dan semua dipadatkan di kelas 3 membuat program jadi.

    dan para siswa harus hafal script & logika, temen2 saya yang programmer saja tidak hafal dengan script yang dia buat sendiri.

    bener kata guru sekolah saya dulu, pendidikan di indonesia terlalu memaksa & terlalu banyak materi, mereka itu siswa, mereka itu manusia bukan mesin.

    • seharusnya kelas 1 sudah mulai coding, minimal mulai smt genap baru mereka bisa ngerti programing

    • kurikulumnya sebenarnya kelebihan beban, porsi buat S-1 diberikan di SMK, jadi akhirnya yang disampaikan cuma kulitnya saja, isinya belum sampai jamnya keburu habis dan ganti materi yang lain

  9. SAMA SENASIB DG SAYA…….

  10. SAYA TERTARIK UNTUK MEMBELI RPP + SILABUS RPL ANDA

  11. RPP + SIlabus RPL, Ada yang bisa bantu
    email: dy.hapeku@Gmail.com

  12. ada, cuma silabus rpl yg spektum 2009 + berkarakter dan berwirausaha.

  13. Tolong dikirim linknya ya ke email saya, atau kalo bisa diemail aja langsung rpp dan silabus RPLnya… trims sebelumnya
    email: sadartasinuraya@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: