Cara Baru Siswa Lakukan Kecurangan UMPTN


Kecurangan yang dilakukan 15 orang peserta itu lebih canggih dari tahun sebelumnya.
Kamis, 2 Juli 2009, 18:31 WIB
Amril Amarullah

VIVAnews – Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Lokal Bandung, hari ini Kamis 2 Juli 2009 mendapati  15 orang peserta yang melakukan kecurangan saat ujian.

“Dua orang sudah menyerahkan barang bukti, 13 orang lain masih kami selidiki,” ujar Sekretaris Eksekutif panitia lokal Bandung Asep Gana di Bandung Rabu 2 Juli 2009.

Mencontek

Mencontek

Menurut Asep, kecurangan itu berawal dari kecurigaan panitia terhadap salah seorang peserta ujian. Namun demikian, petugas  tidak segera menangkap mereka karena takut mengganggu konsentrasi peserta lain, ujar Asep.

“Setelah ujian usai, kata Asep, barulah panitia mendekati peserta yang diduga curang itu. “Setelah ditanyai panitia, peserta itu mengaku telah melakukan kecurangan,” kata Asep.

Meski modusnya tidak terbilang baru, ujar Asep, kecurangan yang dilakukan 15 orang peserta itu lebih canggih dari tahun sebelumnya.

“Mereka menggunakan telepon genggam yang dilengkapi alat tertentu,” ujar Asep sambil memperlihatkan dua telepon genggam yang telah disita panitia.

Alat itu berupa kabel berwarna krem yang dililitkan di leher, mik kecil, dan earphone tanpa kabel. Untuk mengaktifkan alat itu, peserta menggunakan baterai 1.55 V tipe 337.

Alat itu menghubungkan peserta dengan seseorang yang akan membantu mereka menjawab soal. “Kalau mereka lulus, masing-masing akan membayar Rp 100 juta kepada orang itu,” kata Asep.

Atas temuan itu, kata Asep, pihaknya akan melaporkan ke ketua panitia lokal untuk diteruskan ke panitia pusat. Tapi kata Asep kelima belas peserta itu tidak dilaporkan ke polisi. “Yang harus ditangkap itu adalah orang yang mengiming-imingi mereka,” katanya.

Laporan: Octarina | Yogyakarta

Mirip juga dengan lagu Project Pop MENCONTEK Silahkan donlod

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: