MUI Pusat Belum Rekomendasikan Bisnis DBS Halal


————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————–

8 Responses

  1. Ass Wr Wb

    Saya cuma mau menghimbau kepada para bapak bapak yang ada di MUI pusat agar jangan membiasakan ber lama – lama membiarkan umat dlm keadaan bingung yang dalam hal ini adalah masalah haram dan halalnya DBS, karena ini sudah berjalan lama, maka hendaknya segera diselesaikan.

    Trim Ws Wr Wb

  2. Setelah saya teliti tentang fatwa MUI Bandung tentang MLM tidak ada yang salah bahwa MLM halal dengan syarat2 tertentu.
    disana tidak disebutkan di dalam fatwa DBS halal? secara keseluruhan MLM (bukan DBS)
    yang jadi masalah apakah DBS itu MLM? (jangan2 ingin disebut MLM)
    yang tahu banyak tentang MLM di indonesia tentunya ada pakar?, setahu saya biar tidak ragu anda Cek saja di web http://www.APLI.CO.ID (asosiasi penjual langsung Indonesia) , kita akan tahu banyak mana MLM mana Money game.

  3. Bapa Muhammad Azmi,ternya suudzan anda terbukti salah. Kini DBS telah memiliki sertifikat halal secara bisnis jaringan ( bukan hanya produk). pertanyaan saya,bisnis mlm mana yang punya sertifikat halal/ halal untuk marketing plannya ya? ternyata DBS ada. bahkan Aa Gym dan Dr.Syafi’i Antonio sudah benar2 membina bisnis DBS. Para ulama banyak yang mendukung bisnis ini sebagai solusi mencerdaskan ummat, mensejahterakan ummat.
    pertanyaan terajhir saya,sudahkah anda punya solusi konkret bagi problematika ummat sekarang?
    jangan sok tahu makanya….

    • hahaha…. benar… benar… mungkin saya salah. sekarang saya sudah tidak mengikuti lagi perkembangan DBS. karena kesibukan saya dan saya rasa tidak ada untungnya bagi saya terlalu membahas. anggap saja ini perjalanan hidup saya dalam menambah pengalaman.
      Tapi saya cek ke situs DBS, saya tidak menemukan berita setifikat halal secara bisnis jaringan tuh… tapi ada rekomendasi MUI tentang pendirian asuransi syariah oleh pimpinan duta4future.
      Tapi, tak mengapa lah. Tidak ada pengaruhnya dengan saya….. Trims udah berkomentar di blog ya pak…

  4. Setau saya, MUI hanya mengeluarkan sertifikat Halal untuk Produk Makanan/ Minuman, bukan untuk bisnis.

    Kalo bisnis MLM, yang bisa dijadiin pedoman ya APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia). Kalo tercantum sebagai anggota APLI, berarti aman diikuti. Kalo nggak, berarti nggak aman.

    BTW, APLI sendiri tiap bulan membuat panduan. Ada beberapa anggota (MLM) yang dikeluarkan, karena seringkali melanggar aturan2, ada penambahan anggota (MLM) 2 baru, dll. Cek aja.

  5. Saya member DBS. Saya tak perlu fatwa halal. Saya sudah ambil 4 Hak Usaha.

    Menurut ilmu ekonomi (marketing), setiap penjualan yang diwakilkan secara berjenjang adalah MLM (Pemasaran Berjenjang).

    Andaikan saya pemilik Toko. Saya memberi komisi kepada A apabila B berbelanja di tokonya dengan merujuk A sebagai sumbernya. C pun dapat komisi apabila merujuk B sebagai sumbernya. B atau C pun bisa mendapat diskon. Itu pun sudah Multi Level Marketing secara ilmu Manajemen Pemasaran (Marketing), ini dipelajari di Fakultas Ekonomi.

    Yang jadi momok adalah, kebanyakan Masyarakat Trauma, setelah besar, MLM/ Perusahaan membawa lari duit nasabahnya. Itu yang terjadi selama puluhan tahun ini.

    Nah, kebodohan macam apalagi yang dipermasalahkan? Masyarakat Idonesia banyak yang cerdas. Apabila ragu2, tidak usah ikut, jadilah penonton. Itu hak anda.

    Demikian pencerahan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: