PERNYATAAN RESMI TANGGAPAN PT. DFI TERHADAP TAYANGAN UST. ARIFIN ILHAM DI TPI, SABTU 2 MEI 2009 JAM 05.00-06.00 WIB


Febrian

Febrian

Ustadz Arifin Ilham menyatakan bahwa MLM pada umumnya dan DBS BELUM MEMILIKI SERTIFIKASI HALALberikut tanggapan kami :Saat ini, Ustadz Arifin Ilham tidak sependapat dengan kebanyakan MLM dan khususnya DBS. Ustadz Syafii Antonio dan KH Abdullah Gymnastiar sudah melakukan pendekatan kepada beliau, Namun Ustadz Arifin Ilham tetap bersikerasPT. DFI sangat menyayangkan sikap Ustadz Arifin Ilham yang melayangkan statement SECARA SEPIHAK dan sama sekali TANPA KLARIFIKASI ke pihak DBS bahkan tidak melakukan kajian mendalam terhadap sistem marketing plan DBSHal seperti ini sangat kami sayangkan dan sangat tidak layak dilakukan oleh seorang yang menyandang titel USTADZPernyataan HALAL / HARAM tidak dapat dikeluarkan secara perorangan, bahkan DILARANG KERAS. Fatwa hanya bisa dikeluarkan oleh Dewan Ulama, yaitu MUI. Sedangkan saat ini DBS sedang melakukan PROSES SERTIFIKASI Halal ke MUI Nasional ( beberapa waktu yang lalu sudah di proses di MUI Bandung dan dinyatakan Halal )Seharusnya semua pihak menghormati proses dari MUI dan menunggu putusan dari MUI. Tidak berpendapat secara pribadi dengan emosi, bahkan tanpa melakukan suatu kajian terhadap sistem terlebih dahulu.PT. DFI yakin bahwa bisnis DBS adalah Halal, sehingga kami berani mengajukan ke MUI PUSAT. Mari kita bersama-sama menunggu putusan dari MUI PUSAT Fatwa untuk DBS dan MLM pada umumnya.Terima kasihTtdFebrian Agung Budi PrastyoPresdir PT. Duta Future International

Ditulis oleh Andhika Hantyo P

artikel ini saya ambil di http://waroengdbs.blogspot.com/2009/05/pernyataan-resmi-tanggapan-pt-dfi.html

36 Responses

  1. Saran untuk dik febrian, kalau ternyata MUI Pusat fatwanya mengharamkan maka, bisnis adik harus dihentikan dan tobat, serta jaringan dibubarkan, penghasilan sementara ini di infakkan semua aja untuk fakir miskin.

  2. betul pak setuju lagi ngak bakalan halal deh……MUI PUSAT SAYA JAMIN NGAK BAKALAN NGELUARIN FATWA HALAL BUAT DBS

  3. Iya bisnis DBS ini malah keliatannya mudarot temen2 yang ikutan banyak berpendapat menyesal karena sudah mengeluarkan uang paling tidak 1.100.000 untuk 7 titik tapi tidak menghasilkan apa2

    • wah, ini kok pada menghujat semua sih, udah pada pelajarin belum sih, saya heran sama anda-anda yang gak tau apa-apa tapi ngeluarin statement kayak gini, saya sudah buktikan sendiri, saya lakukan baru tiga hari dah balik modal Rp 200.000….jadi yang ikutan 100 milyar sekalipun kalo gak ngapa-ngapain yang gak dapet apa-apa….belajar dikitlah bersimpati sama orang yang lagi usaha, kalo gak minat diem aja, gak usah menghujat….kalo tar yang dihujat ternyata sukses pada diem dah ente-ente semua….

      • betul……… betuul…… betuuull….
        Kraena DBS memang Halal dan Barokah!

      • ass…betul banget jngan pernah anda menghujat tentang DBS, orang yg tdk brhasil adalah orang yg tdk mau brusaha ,di DBS sdh bnyak terbukti ornag yg dri latar blakang apapun itu bs sukses & dpt mmbhagiakan kluarga yg di cintai & sdh dpt mmbantu orang2 yg mmbutuhkan…sy tdk stuju DBS di bubarkan,ayo tmn2ku yg tragabung di PT.DFI kita prjuangkan demi kbahagiaan mmbantu orang lain insya allah kita bisa. GO FREDOOM!!!

  4. kalo perlu undang APLI (asosiasi penjualan langsung indonesia) pasti di bilang money game……
    karena MLM murni tiap merekrut orang tdk mendapat uang dan jelas ada produk yg dijual.

  5. Saya baru gabung 3 minggu. Menurut spendek pengetahuan saya, produk yang dijual jelas adanya. (bukan moneygame)
    Nah, sekarang tinggal niat awal orang gabung di DBSnya. Apakah?
    1. Ingin menggunakan fasilitas isi ulang pulsa murah seumur hidup untk pribadi sendiri saja. atau,
    2. Digunakan sendiri, plus dijual ke orang lain, atau
    3. dipakai sendiri,plus dijual ke orang lain, dan ingin juga mereferensikan DBS ke orang lain.
    Tentukan ini sebelum bergabung, sehingga tidak menyesal untuk bergabung.
    –> kalu niatnya beli 7 Hak usaha, artinya dia ingin menjadikan ini sebuah usaha, dengan mereferensikan DBS ke orang lain. Kalau sudah ikut 7HU tapi tidak bekerja (tidak mereferensikan ke orang lain) jangan salahkan leader atau perusahaan. Ini kan salah sendiri. Kalau mereka bener2 melakukan cara2 yang telah diberikan PT.DFI dengan benar, jujur, dan KONSISTEN. Saya yakin dia akan sukses.
    GA ADA ORANG YANG SUKSES TANPA USAHA!!!
    jangan nunggu hujan uang Bung!
    Kerja dong!
    Intinya tidak ada orang yang dirugikan ketika bergabung di DBS. Minimal dia bisa mendapatkan isi ulang pulsa murah seumur hidup!

    Terimakasih, mudah2han ini bermanfaat bagi semua
    Jadi jelas, niatkan untuk apa join di DBS, pilihan pertamakah? keduakah? atau ketiga?

  6. wah… kalo gitu aku tunggu kabar dari MUI pusat. Kalo udah keluar tolong kirim ke email aku dong! ok

  7. gak perlu tunggu MUI segala, dengan melihat 7 titik yg ada di DBS, jelas sekali dbs money game, dan HARAM

  8. for all dbs mania….

    belajar lagi tentang konsep niat dong…. jangan selalu membawa permasalahan niat pada hal2 yang samar2..

    niat yang baik itu juga harus ditopang oleh sistem yang baik.
    coba anda berpikir…uang hasil haram anda…walaupun niatnya baik untuk bersedekah apakah akan merubah hukum haramnya uang hasil haram tersebut,???? belajar semua..

    ingat…. sebaik apapun niat kalian….. kalau tidak dilakukan dengan cara yang baik… hanya menjadi sebuah pemikiran yang terlalu over.

    nonton dong PPT ….

  9. bagi semua penikmat dbs, dari mana anda mendapatkan bonus….jika dari perekrutan hati2 jika yang anda rekrut ternyata setelah itu merasa dirugikan karena janji anda… maka jelas anda menikmati uang tidak halal…karena kesuksesan sejati didapat dengan tidak menjolimi dan mengelabui orang lain

  10. KHUSUS bagi anda sufimatreretrun

    Sejauh mana Ilmu Anda Tentang HARAM DAN HALAL???
    Sejauh Mana Pengetahuan anda tentang yang BENAR an SALAH???

    Sejauh mana Anda Hidup dalam Hal yang HALAL?
    Sudahkah anda Menjaga Diri anda dari yang HARAM?

  11. MLM / Network Marketing yang benar adalah :
    1. TIDAK ADA BONUS DARI PEREKRUTAN
    2. BONUS DIDAPAT DARI OMZET PENJUALAN SENDIRI ATAU JARINGAN DIBAWAHNYA
    3. BIAYA PENDAFTARAN SESUAI DENGAN YANG DIPEROLEH MEMBER BARU. Misal : Biaya pendaftaran Rp. 200.000, maka dia akan mendapatkan barang / materi yang kalau dihitung senilai dengan uang Rp. 200.000 atau lebih (LEBIH? emang ada perusahaan mau tombok? ada kok, kalau tidak percaya email saya (m.u.arifin@gmail.com). saya akan tunjukkan). Entah itu produk atau materi untuk mendukungnya seperti kaset, brosur, vcd atau dvd (nilai fisiknya saja, materi didalam kaset, vcd atau dvd tidak boleh dihitung).

  12. saya ini malah bingung saa ingin bergabung tapi ketika saya mendengar beberapa pernyataan buruknya jadi ngeri, soalnya uang untuk nafkahin anak bini, soalnya setelah saya pelajari kita gak di wajibkan membeli produknya tapi justru untuk mencari downline 7 orang / 7 HU, maka kesimpulan saya seentara gak jauh beda dgn MONEY GAME alias kurang tepat untuk diri saya. kalo ada yg lebih faham tolong saya di arahkan

    • Kesannya kok seperti Money Games?

      Kesan, prasangka atau persepsi dalam Islam tidak dapat dijadikan hukum, jika ragu kembalikan ke asas hukum mu’amalah (dagang) yaitu halal, sampai diketemukan unsur haramnya.
      Member get member tidak selamanya salah, jika niat, akad dan caranya benar. Ketika seorang mendaftarkan anaknya di sekolah swasta, lalu ia membeli formulir Rp. 300.000,- apa yang didapatkan? Biasanya hanya mendapat 3 carik kertas. Dan belum tentu ia lulus test. Lalu jika panitia menikmati Rp. 300.000,- sendiri, apakah akan menjadi haram atau ketika ia berbagi dengan orang-orang yang mempromosikan sekolahnya (member get member) juga menjadi Haram… Lalu… apa alasan DBS haram? Ketika ada yang membeli waralaba DBS, kemudian dia berbagi sesuai dengan proporsinya (system IT DBS) itu dikatakan haram?

      Mengapa merekrut orang dapat uang dan upline yang lebih dulu juga dapat uang?
      Dalam semua bisnis dipastikan ada budget marketing. Tapi ada perusahaan yang mengalokasikannya untuk iklan di media (seperti KFC, Pizza Hut, dll). Ada juga yang dialokasikan kepada direct marketing (penjulan langsung dari mulut ke mulut / tanpa iklan di TV seperti DBS, HPA, dll).
      DBS haram? Adalah kata mereka yang lg semangat menjadi pemain MLM tertentu sehingga harus mencaci, dan memaki bisnis orang lain, dan menfitnah DBS yang begitu cepat berkembang, banyak menguntungkan dan menolong ribuan orang.

      DBS Haram?… adalah kata mereka yang tidak pernah sukses di MLM karena keterbatasan ilmu, semangat dan kemampuannya… sehingga yang disalahkan semua bisnis MLM… termasuk apatis dan menyalahkan bisnis waralaba DBS yang saat ini menjadi bisnis waralaba dan pulsa berbasis e-commerce no satu di Indonesia..

      DBS Haram? Adalah kata mereka yang dari dulu memang apatis dg MLM, yang sdh tutup mata… tutup kuping…bencinya ampun-ampunan…seperti Dengerin Ummat Islam lg dibantai di CHINA.. (Padahal Apa salahnya denger dulu… khan jd pahala.. bikin seneng org jg pahala.. Dia sdh jauh-jauh datang silaturahim prospek… mana anaknya lg mencret… bininya lg hamil… kontrakannya blm bayar 6 bulan… ditagih mulu sama warung ucok… eh… malah dicemooh dan diceramahin “Kamu Tobat aja… DBS itu haram.. DBS itu Nipu… DBS itu bisnis Vampir (penghsiap darah”… waduhhh nyelekit coysssssss…

      Gampang bener ya… bilang DBS haram… se gampang mengharamkan babi… MUI Bandung saja butuh waktu satu bulan u kasih fatwa halal DBS… MUI pusat minta waktu 6 bulan untuk bahas DBS.. eh ada orang yang lebih cepat… lebih…???? ia sangat lancara berfatwa sendiri… Wuihhhhh

  13. TOLONG SITUS INI DI BLOG AJA…….TERNYATA YANG KOMENTAR HAMPIR SEMUA GAK TAU ILMU SIMPATI SAMA ORANG….JUSTRU KALIAN SENDIRI YANG MENJATUHKAN SAUDARA-SAUDARA KALIAN YANG SEDANG BERUSAHA, BUKAN SISTEM DBSNYA…..

  14. saya beri tahu…uang yang kita berikan itu larinya ke 3 pihak…ke kitanya sendiri, ke PT. DFI sebagai perputaran, dan perusahaan pulsanya…..jadi mana yang kiranya uang itu larinya ke hal yang haram ?????? tolong dijawab dengan penelitian anda-anda….!!!!!!!! saya mau tahu seberapa besar minat anda-anda meneliti ke PT. DFI nya sendiri….????????? kalau memang anda-anda orang yang jantan dan pintar….

    • orang yg sryrik itu sangat tdk di sukai allah…ayo tmn2 DBS maju trs kita buktikan pd mereka klu DBS adalh terbaik.

  15. klo dah pada tw haram atau halal… kenapa juga masih dibudayakan sistem riba… kenapa masih pada nabung di bank konvensional?? tapi bukan bank syariah… padahal yang mengkritik tentang keharaman dbs masih ada kan yang menabung di bank yang menjanjikan bunga???…malu donk..sama diri sendiri…mari kita ramai2 berantas riba…yang jelas2 sudah terbukti haram… untuk management dbs dan mui tolong yakinkan umat agar tidak menimbulkan keragu-raguan…

  16. trus siapa yang benar??? ada gak sech yang bisa membuktikan secara konkrit, yang jelas, gamblang gitu lho… jadi biar gk bingung.. semuanya hanya berdasarkan prasangka..inget prasangka gk akan mengalahkan kebenaran… ada gk yang bisa buktiin secara ilmu agama…klo dah jelas kan bisa jadi petunjuk yang benar… kalo dibilang dbs haram toch gak ada yang mengeluarkan pendapatnya secara dalil..lalu untuk yang dah terlanjur ikut atau lagi semangat2nya menjalankan bisnis ini bisa timbul keragu-raguan.. tapi kalo dibilang halal tolong tunjukan bukti dan kepastiannya karna yang suatu yang halal tidak boleh diharamkan dan sesuatu yang haram tidak boleh dihalalkan…. please jangan pada ngawur ach..

  17. Mendingan bisnis beneran aja ah, daripada ikut pusing dengan MLM

    • Emang ada bisnis Bohongan ? aneh-aneh aja…..! semua bisnis jika dijalani dengan benar dan mau berusaha akan membuahkan hasil yang baik

      Kalo Dunia saja sudah mengakui kehebatan DBS, Ngapain cari yang lain…

  18. Ass,
    saya baru ikut DBS 1 minggu bukan karena percaya akan bonusnya melainkan halal dan haramnya. Di DBS dikatakan haram karena menyerupai sistem piramid yang menyukseskan 1 orang saja. Ternyata orang yang mengatakan DBS adalah sistem piramid, itu dilihat dari jaringannya atau titik HU. Kalau saya, saya juga sependapat dengan orang tersebut. Tetapi yang dimaksud sistem piramid itu dilihat dari PENGHASILANNYA bkan dari jaringannya. Dilihat dari penghasilannya, DBS seperti piramida terbalik yaitu yang paling atas paling banyak yang sukses.
    Misalkan; si A udah ikut 1 tahun di DBS dan punya pasangan maksimal (12 pasang) maka ia berada di paling atas. Terus si B adalah jaringan dibawah si A yang sudah ikut 10 bulan tetapi dia belum punya pasangan, jadi ia tidak mendapatkan bonus berpasangan dan ia berarti di tempat paling bawah. Yang ketiga adalah si C. si C ini adalah jaringan dibawahnya si B yang sudah ikut selama 6 bulan. Tetapi ia sudah punya 12 pasang, jadi ia dapat penghasilan berpasangan dan ia berada di paling atas. Jadi, semua udah ngerti kan DBS itu merupakan sistem piramid atau piramid terbalik ? ? ?
    Mungkin itu aja, gambaran sistem DBS, go Freedom . . . . .
    Wass…

  19. YANG BILANG DBS ITU HARAM ORANGNYA PELIT, KIKIR SOK TAHU, KALO LOE PADA SAYANG NGELUARIN DUIT 200 REBU MENDINGAN DUIT LOE2 ITU BUAT KELON AJA SAMA WTS.

    NECH GUE BUKA 3 HU NGGAK SAMPE 1 BULAN DAH PULANG MODAL,
    SEMUA TINGGAL NIAT KITA BUNG
    GO DBS, MAKIN TINGGI SEBUAH POHON MAKA MAKIN KENCANG ANGIN BERTIUP.

    BAGI LOE2 SEMUA YANG MENGHUJAT DAN MENGHARAMKAN DBS, INGAT ANDA TETAP MANUSIA BIASA YANG MASIH BLEPOTAN DOSA. EMANG LOE2 PADA KYAI…..? INGAT JUGA SEKARANG JUGA BANYAK KYAI YG KELUYURAN KE LOKALISASI

  20. Saya telah mengikuti bisnis MLM dari tahun 2000 hampir semua MLM yang serupa sistemnya saya masuki dan kembangkan, selalu mendapatkan downline banyak kebawah. Sudah dan selalu secara obyektif mengajak calon downline untuk bergabung, selalu memberitakan hal positif sekaligus hal NEGATIFnya bila masuk ke MLM, namun pada prakteknya, ada Perusahaannya yang kabur entah kemana (karena via internet) ada pula yang mempailitkan diri, ada pula yang merubah perusahaan/ ganti perusahaan dengan meninggalkan yang lama, padahal pemiliknya itu2 juga.
    Kecewa… dan akhirnya ingin membuat MLM sendiri dengan semudah mungkin, semurah mungkin, dan serasional mungkin…
    merenung, berpikir, bahkan 2 tahun merenung di mekkah al-mukarromah, salat di dedapan kabah… alhamdulillah mendapatkan ilham (sekalipun pribadi) dan tidak mengikat kepada yang lain, bahwa untuk saya pribadi SEBAIKNYA TIDAK MELANJUTKAN BISNIS BERBASIS MLM, Bagaimanapun manfaatnya ada, tapi madaratnya lebih banyak, minimal yang saya alami.
    === Tambahan bisnis MLM selalu memperlihatkan orang2 yang telah sukses untuk memotivasi orang supaya masuk, uang, ibadah haji (wisata rohani katanya), rumah, dll. ====
    beda dengan pebisnis lain bila ditanya (sekalipun sudah kaya) selalu merendah dan tidak mengungkapkan kekayaannya.
    Mudah2an semua dapat berpikir jernih, nanti juga bisnis ini akan mendapatkan tempatnya sendiri.
    Bagi yang benci sekedarnya saja, dan bagi yang sedang mencintainya juga sekedarnya saja.
    Jangan lupa niatkan karena Allah semua bisnis, jangan hanya berdasarkan impian hasil saja.
    Kekurangannya mohon maaf, hanya kritik kepada kita semua mudah2an bisa bangkit dalam hal ekonomi dan keimanan.
    Wassalam.

  21. yang di permasalahkan bukan halal haram nya..tapi kasian downline2 yang di bawah keluar uang tidak menghasilkan apa2…memang ada fasilitas2 yang di sediakan,,tapi yang benar2 terasa tidak ada..fasilitas isi pulsa juga hanya murah untuk konsumsi sendiri kalo untuk di jual uantungnya sangat sedikit..

    GAbung di DBS balik modal saja sudah untung…
    bonus2 DBS baru yang promokan cenderung ke jaringan atas..misal dg adanya level Platinum

    Saran sy tuk DBS : tambahkanlah fasilitas2 yg bener2 bermanfaat secara langsung kepada MEMBER- MEMBER BARU,,misal : telfon murahh, ringtone gratis, RBT murahhh,,dll

  22. Gak Guna ikut MLM…model tia*si..D*s…semuanya pasti bilang yang paling bagus..semuanya semu…cuma khayalan aja pada dapet mobil..rumah..kurang dari 2 tahun…..tapi klo ada yang ikut..ya semangat deh…semangat nagajik orang ya…jangan dipaksa klo gak mau ikut…HAHAHAHA..KOPLAK

  23. klo emang msh dlm proses sertifikasi halal mui knapa prospekting jalan terus,y sharusnya mnunggu dpt sertifikat dl.sistemnya sama aja piramida karena u/ kesuksesan 1orang hrs mengorbankan 1000 kanan 1000kiri berarti ada 2rb orang yg jd korban u/ kasuksesan 1 orang..

  24. sudahlah klo bisnis ga usah yang aneh 2 contohnya Jualan kupat tahu,gorengan atau Mie ayam.selain bisa membahagiakan orang yang lapar,kan jelas sistem dan halalnya hehhehehehe

  25. dari comment 2 mengenai DBS ini saya berkesimpulan bahwa klo sukses DBS halal klo ga sukses DBS jadi haram🙂 hehehhehe

  26. DBS ITU ANJING…!
    SALAM ANJING, UNTUK SEMUA MEMBER DBS !

    DBS FUCK !
    HANYA ORANG GOBLOK YANG IKUT BERGABUNG DENGAN DBS..
    ASSU…!

  27. Mending jadi dealer server pulsa biasa aja deh🙂 untung dikit-dikit, bisa cari agen juga, gak ada skema piramida, gak ada janji bonus yang muluk-muluk, nikmatnya jualan pulsa😀

  28. kita yang beli barang dengan harga mahal. kita sendiri juga yang ngejualin. istilah GOBLOGnya lagi. SALES yang bayar produknya sendiri.

  29. saya lihat semua pendapat selalu ego yang dipermasalahkan, saya jadi melihat ada sisi buruk umat islam, berbeda pendapat boleh asal bukan dalam hal qath’i, karena menjaga ukhuwah adalah wajib, bukan penghinaan atas nama agama, lihatlah agama lain yang mereka kompak, mau bangun masjid aja gontok2an, mau pengajian aja ribut, mau usaha bareng ribut juga. masyaallah, seolah2 merasa benar sendiri. saya Badarudin, saya kuliah di jurusan magister hukum islam, ekonomi syariah, lebih baik jangan saling menghujat, duduk bersama, lihat sistemnya. bagi saya, MLM memang haram, tetapi lihat dulu sistemnya. jangan2 ada yang bula MLM, tapi ternyata bukan…, begini saja,
    dalam bisnis jaringan saya lebih membolehkan, kalau dia lepas dari tiga hal
    Pertama, tidak ada sistem tutup point
    Kedua, Tidak ada sistem Hangus bonus
    Ketiga, member paling bawah tidak dirugikan

    saya rasa itu cukup… tak usah saling ribut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: