Guru Baru SMK IT, Pengalaman Baruku…


Kamis, 9 Juli 2009, Hari ini, siswa baru mulai menapaki sekolahnya. Tapi, aku juga ikutan mulai menapaki sekolah baru. Mengantarkan lamaran menjadi guru (sekedar formalitas) di sebuah SMK Negeri. Tepatnya SMKN 6 Pekanbaru. Lokasinya terpencil, di Wilayah Kulim. Sekolah ini berfokus kepada kelompok Komputer. Kebetulan Jurusan yang aku fokuskan adalah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Terus terang aku jadi Agak grogi, karena RPL itu adalah salah satu mata kuliahku di Teknik Informatika. Dan itu berkait-kait, kesimpulannya temanya adalah pemograman. Setelah tadi berbincang-bincang dengan Kajurnya, wah… materinya fokus ke pemograman apalagi internet. Padahal aku gak ngerti pemograman internet. Bukannya pesimis, tapi aku harus belajar lagi bahkan lebih keras dari biasanya.

Anehnya, tujuan pembelajarannya belum jelas. Seperti SMK lain, pengarahan siswa SMK ini nantinya menjadi tenaga skill untuk bekerja, dan untuk jadi pengusaha nampaknya kecil. Paradigma di Indonesia, semua bidang pendidikan formal, kita nantinya harus bisa jadi tenaga kerja yang baik, terampil dan terpercaya. Apalagi jadi TKI.

Senin, 13 Juli 2009

Pagi buta udah bangun, mandi dan siap-siap mau ke sekolah. Hari pertama jadi guru di SMKN 6 diawali dengan ngantuk. maklum deh, anakku mengganggu dengan sundulannya sambil belajar merangkak. akhirnya aku mempelajari bisnis baru yang akan aku kerjakan. Karena gak ngantuk jadi keterusan sampai subuh. Jam 7 pagi aku udah di Sekolah dengan bingung memasuki ruang guru. Karena baru seimprit guru yang hadir aku jadi duduk diam aja.

Gak nyangka akhirnya aku kembali ikut upacara senin pagi setelah lebih dari 10 tahun tidak ikut. Mungkin aku satu-satunya guru yang benar-benar khusyuk mengikuti upacara hingga selesai, aku terharu…(huhuhuhu). Abis upacara semua gaya bebas, sradak sruduk mencari teman ataupun informasi. Tapi kebanyakan bingung aja karena no action to do di sekolah kampung ini. Ternyata jadwal pelajaran sementara sudah keluar. aku udah diberikan kode guru (enaknya jadi prioritas) dan diberikan jatah mengajar di kelas X atau dulu kelas 1.

Alhamdulillah mata pelajarannya gak sulit, KKPI di semua jurusan kelas X, Jarkom dan Instal OS. Wah, tak pikir bakal ngajar pemograman web atau CMS gitu. Jadi lega…. tapi eit, warning datang. Semester depan semua pelajaran Internetan dominan ke aku dan itu demi mengejar goal lulus ujian kompetensi untuk kelas XII. KTSP udah siap katanya, tinggal yang lain belum, apa ya itu… RPP atau apalah. Mungkin sobat-sobat ada yang juga guru SMK jurusan Komputer (khususnya RPL) bisa sharing dengan saya, sehingga kita bisa saling mengisi gitu lah…

One Response

  1. wahhhh selamat ya pak guru…
    boleh dong ikut blajar IT

Leave a Reply

