Inggris Larang Iklan Pariwisata Israel


Poster iklan itu bergambar peta Israel yang mencakup wilayah-wilayah Palestina
Rabu, 15 Juli 2009, 16:18 WIB
Renne R.A Kawilarang, Shinta Eka Puspasari

Papan iklan bergambar tzipi livni dan benjamin netanyahu

Papan iklan bergambar tzipi livni dan benjamin netanyahu

VIVAnews – Lembaga pengawas periklanan Advertising Standards Authority (ASA) di Inggris melarang penayangan iklan yang diluncurkan Departemen Pariwisata Israel. Alasannya, poster iklan itu bergambar peta Israel yang mencakup Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Dataran Tinggi Golan.

Iklan itu bergambar seorang anak lelaki sedang menyelam bersama lumba-lumba. Tulisan ‘Experience Israel’ memenuhi seluruh bidang gambar dengan penjelasan singkat mengenai situs wisata di negara tersebut, termasuk Yerusalem.

“Kami mengetahui bahwa batasan dan status daerah yang dikuasai Israel di Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Dataran Tinggi Golan masih dalam perdebatan,” ujar ASA dalam larangan iklan itu seperti dikutip harian The Guardian edisi Rabu, 15 Juli 2009.

Badan ASA mengaku menerima keluhan dari 442 kelompok, antara lain Solidaritas Palestina dan Yahudi untuk Keadilan Palestina. Mereka menganggap iklan tersebut dapat menyebabkan kesalahpahaman.

ASA menyatakan bahwa iklan itu seakan menyatakan bahwa daerah yang diiklankan dalam peta itu merupakan bagian Israel. ASA melarang Israel membuat iklan dengan isi serupa.

Departemen Pariwisata Israel sendiri mengatakan peta tersebut hanya peta wisata. “Peta yyang dicantumkan dalam iklan itu bukan peta politis,” ujar IGTO membalas kecaman ASA. “Keluhan-keluhan yang masuk tidak relevan dengan iklan turisme.”

• VIVAnews

One Response

  1. enak aj. gaza itu punya palestina. bahkan smua daerah israel itu milik palestina. namun semua itu milik Allah SWT dan akan kembali padanya…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: