Perdagangan Saham di Asia, Kabar dari Singapura Terus Bangkitkan Indeks


Investor juga antusias menyambut laporan pertumbuhan ekonomi dari China Kamis esok
Rabu, 15 Juli 2009, 16:06 WIB
Renne R.A Kawilarang, Harriska Farida Adiati

VIVAnews – Indeks harga saham di sejumlah bursa saham utama Asia menguat selama dua hari berturut-turut terus menguat. Pasalnya, sejumlah perusahaan Amerika Serikat (AS) melaporkan penerimaan yang lebih baik daripada proyeksi sebelumnya.

Optimisme akan ekonomi regional juga melingkupi investor Asia menyusul bangkitnya Singapura dari resesi.

Di akhir perdagangan Rabu sore, 15 Juli 2009, indeks acuan Nikkei 225 menguat 7,44 poin (0,1 persen) menjadi 9.269,25 setelah menguat 2,3 persen satu hari sebelumnya. Indeks Hang Seng, Hong Kong, juga naik 332,85 poin (1,9 persen) ke posisi 18.218,58 dan indeks Kospi (Korea Selatan) menguat 2,6 persen. Sementara itu, indeks acuan Australia menguat 1,5 persen dan indeks Shanghai (China) naik 1,4 persen. Indeks Sensex (India) naik 1,3 persen.

“Saya kira lebih banyak bukti yang menunjukkan pemulihan ekonomi di kawasan,” kata Mark Tan dari UOB Asset Management, Singapura. Tan merujuk pada pertumbuhan ekonomi Singapura untuk triwulan kedua pada Selasa kemarin yang menunjukkan bahwa perekonomian Singapura menguat 20 persen lebih.

Itu merupakan pertumbuhan pertama di Singapura dalam satu tahun terakhir. Tan mengatakan, angka pertumbuhan ekonomi di China, yang akan diumumkan Kamis besok, juga akan menambah gambaran tentang pemulihan ekonomi Asia.

Analis memperkirakan, negara ekonomi terkuat kedua di Asia tersebut tumbuh antara 6,8 persen dan 7 persen dalam triwulan yang berakhir 30 Juni. Tahun lalu, pada periode yang sama, perekonomian China tumbuh 10,1 persen dan menguat 6,1 persen pada triwulan pertama, tingkat paling rendah dalam lebih dari satu dekade terakhir.

Di AS, perusahaan keuangaan Goldman Sachs melaporkan penerimaan triwulan kedua pada Selasa, sebesar US$2,72 miliar, lebih tinggi dari tahun lalu yang sebesar US$2,05 miliar. Perusahaan finansial lain seperti Citigroup Inc. dan Bank of America Corp., akan melaporkan penerimaan mereka pekan ini. (AP)

• VIVAnews

One Response

  1. Info yang sangat bagus, kritis dan membangun….. trim’s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: