Dalam Rangka Kontes Robot Internasional, Tim Robot D4=S1 Siap ke Jepang


By Republika Newsroom
Sabtu, 18 Juli 2009 pukul 15:30:00

SURABAYA — Tim Robot D4=S1 dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Sabtu (18/7) melakukan latihan terakhir sebelum berangkat ke kontes robot internasional ABU Robocon 2009 di Tokyo, Jepang, Agustus. “Insya Allah kami siap. Kami sudah melakukan renovasi dan inovasi pada robot agar mampu berlaga di Kontes Robot Internasional 2009,” kata pembimbing tim robot, Fernando Ardilla, S.ST.

Tim yang beranggotakan enam orang itu telah membuat ulang semua robot yang dibawa ke ajang pertandingan internasional, termasuk menambah kecepatan, mengingat rata-rata kecepatan robot lawan mulai start hingga finish di bawah 30 detik. “Kami sudah berusaha dan sekarang tinggal doanya, karena kami tidak pernah meremehkan kemampuan lawan. Semua lawan bisa dikatakan tangguh, mengingat mereka semuanya juara nasional di negaranya masing-masing,” katanya.

Rencananya robot akan diangkut menuju ke Tokyo minggu ini, sedang tim D4=S1 akan menyusul pada 19 Agustus mendatang. Sementara itu, Direktur PENS Ir Dadet Pramadihanto, M.Eng, PhD pun tampak duduk akrab bersama tim robot yang sedang melakukan persiapan terakhir di tengah lapangan. Ia memberi motivasi dan berbagai masukan untuk perbaikan robot dan mental tim.

PENS-ITS mewakili Indonesia ke Jepang setelah tim D4=S1 menang dalam Kontes Robot Indonesia, Kontes Robot Cerdas Indonesia, dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRI-KRCI-KRSI) 2009 di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta 14 Juni lalu. Robot D4=S1 dari PENS-ITS melaju ke babak-babak berikutnya dalam KRI itu dengan mengalahkan lawannya di hampir semua pertarungan, dan mampu mencapai gol atau memukul ketiga beduk dengan sempurna.

Pada pertarungan babak final KRI 2009, tim D4=S1 bertemu tim Patriot (UGM Yogyakarta). Dalam final itu tim D4=S1 dari PENS-ITS yang biasanya selalu mulus mencapai gol, justru sempat mengalami error pada robot traveler saat akan memukul beduk. Sedangkan tim Patriot sudah semakin mendekati di belakangnya. Namun, tim D4=S1 segera sigap melakukan retry, sehingga robot tim D4=S1 berhasil mencapai gol dengan memukul ketiga beduk secara sempurna. Dengan gol pada detik ke-52, tim D4=S1 dari PENS-ITS akhirnya keluar sebagai juara pertama.ant/bur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: