Pelajaran KKPI kelas X, Mengetik 10 Jari


Bagi sebagian besar orang, mengetik 10 jari gak begitu penting untuk dipelajari. 11 jari juga udah cukup (telunjuk aja…..hehhehheh). Tapi bagi siswa SMK N 6 Pekanbaru, sangat penting untuk bisa menguasai mengetik 10 jari, karena kecepatan mengetik akan meningkatkan kecepatan membuat program, atau kegiatan ketik mengetik yang lain. Jika kita lambat mengetik pasti kita yang paling lelet menerima ilmu, karena disini semua berpacu, betul tidak….

Mengetik dengan kecepatan tinggi bukanlah hal aneh atau luar biasa, karena saya telah mengetik seperti itu sedari smk dulu. Walau pun jurusan saya bukan akuntasi (saya elektronika).  Dulu saya belajar dari melihat orang yang dapat mengetik tanpa melihat keyboard tapi dengan kecepatan tinggi, bahkan dia bisa mengetikkan apapun yang kita ucapkan tidak lama setelah kita mengucapkannya. Keren..

Tapi sekarang sudah banyak program yang dapat digunakan sebagai media latihan. misalnya typing tutor ataupun typing shark deluxe.  Silahkan cari sama om google ya…. Nah untuk memulai pelatihan ini kita mesti tau kunci dasarnya dulu, coba jari telunjuk kiri sentuh huruf “F”, kita akan merasakan garis diatasnya. Nah huruf “D” untuk jari manis, “S” untuk jari tengah dan “A” untuk jari kelingking. Jempol? yang itu untuk membuat spasi. sekarang silahkan coba mengetik secara berulang-ulang tapi tidak boleh melakukan kesalahan. ketikkan “ASDF ASDF dst”. Jika telah berhasil tanpa kesalahan dan telah mencapai kecepatan yang diharapkan, coba kombinasikan ke 4 huruf tersebut.

Tahap 2 tangan kanan. kita tekan huruf “J” dengan jari telunjuk, akan terasa garis kesatnya. nah, “K” untuk jari tengah, “L” untuk jari manis, dan “;” untk jari kelingking. sama seperti tadi diulangi terus ke empat huruf tersebut, jangan lupa jempol untuk spasi. lanjutkan dengan mengkombinasikan dengan 4 huruf sebelumnya.

Huruf “G” digunakan telunjuk kiri dan huruf “H” untuk telunjuk kanan. Jadi teruslah berlatih. Agar latihan lebih seru, gunakan game di Typing tutor dan Typing Shark Deluxe.

Setelah ini kita akan lanjutkan dengan penyelesaian pelajaran. selamat berlatih…

6 Responses

  1. Dah lama nggak mengetik 10 jari. Dulu 10 jari pake mesin tik tuh pak…

    • iya, saya dulu juga belajarnya dari mesin tik, dari melihat orang mengetik tanpa salah tapi cepat sekali mengetiknya. Setahun kemudian Pekanbaru kedatangan komputer rumahan pertama kalinya, nah waktu itu saya mulai belajar mengetik dengan komputer, mudah sekali dibandingkan dengan mesik tik.

  2. saya juga guru,
    baru diangkat jadi Guru KKPI,
    Salam kenal….
    bolehkan bagi-bagi ilmunya dikit…..
    hehehe

  3. muuuuuuuuuuaaaaaaantttabsssssssssssssss……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: