Acer Aspire 1641, Gak Masalah! walau awalnya gagal terus….


Hari jum’at lalu, saya dimintai tolong sama guru Mekatronika untuk mencarikan solusi terhadap Komputer labor Acer Aspire 1641 yang gak bisa install windows XP (Vista katanya juga). Beliau sudah mencoba untuk menelpon pihak support dari Acer tapi jawabanny “wah, panjang pak penjelasannya”. Setelah saya cek, masalahnya adalah SATA RAID. Ya, Harddisknya tidak detect karena menggunakan jenis terbaru SATA RAID. Drivernya belum include di CD WIN XP. Karena saya pernah menginstall laptop dengan masalah yang sama, saya mengatakan dengan spontan, wah ini gak sulit pak. Cuma perlu masukin file driver SATA RAIDnya ke WinXP installernya. Nanti saya cari caranya di internet.

Hehehehhe… tak kirain mudah, tapi ternyata….. gak banyak yang membahas masalah ini. saya cuma ketemu 2 atau 3 posting tentang masalah serupa. Saya lupa nama blognya, tapi nanti lah saya masukin lagi dalam updatenya. 1 posting yang paling relevan saya ambil sebagai referensi.

Dikarenakan kesibukan dan tidak ada waktu berjumpa, maka konfirmasi pelaksanaan penginstalan Winxp yang unik ini diadakan hari selasa kemarin, hari ini janjinya semua kebutuhan disiapkan dan langsung diadakan penginstalan. Apa yang terjadi. Saya harinya penuh jadwal mengajar, jadi keputusannya diadakan setelah selesai mengajar. Sedangkan Guru tersebut akan menyiapkan alat-alat yang saya minta dulu sebelum siang. Alhamdullah, ada waktu sedikit renggang dengan memanfaatkan kekacauan disekolah yang lagi sibuk mempersiapkan kedatangan wako dan gubri esok hari, saya mulai operasinya siang abis jam sholat zuhur. Tapi posting yang menjadi acuan rupanya salah sedikit, saya mengalami kendala-kendala yang lumayan memakan waktu. Kesimpulannya beberapa kali install gagal terus dan memakan korban 2 CD (kalau boleh dibilang korban sih). Akhirnya saya menemukan cara install yang paling tepat…..

Pertama siapkan alat dan bahannya (diluar PC tentunya), yaitu :

2 buah disket serta floppy disknya.

1 cd installer winxp sp2

1 cd driver acer aspire 1641

langkah-langkahnya…

1. Masukkan CD driver ke CDROM

2. Masukkan Disket1 ke floppy, format (kalau bisa pake cara yang full)

3. Copykan isi file di alamat ini : \\Drivers\chipset\XPP\Chipset\Ide\sataraid\floppy\disk1

ke disket1

4. Ganti disket 1 dengan disket 2 dan format

5. Copykan isi file di alamat ini : \\Drivers\chipset\XPP\Chipset\Ide\sataraid\floppy\disk2

ke disket2

Proses 1-5 dilakukan di komputer yang bagus. selanjutnya kita ke komputer yang bermasalah.

6. Pasangkan Floppy ke komputer, hidupkan komputer dan masuk ke bios. Pastikan bootingnya diawali oleh DVD

7. restart komputer dan ketika muncul press any key…. tekan sembarang tombol segera

8. kita memasuki proses instalasi winxp, tekan F6 ketika muncul tulisan F6. Tunggu hingga muncul dialog….

9. Muncul dialog yang menanyakan apa kita akan memasukkan driver baru, tekan S untuk memasukkan

10. Muncul permintaan untuk memasukkan Disk1, masukkan disket1 ke floppy dan tekan enter.

akan muncul 2 pilihan instal

1. Instal driver sata raid biasa

2. instal driver NVIDIA Sata Raid

(saya lupa tulisannya…..yang jelas ada 2)

ok,.. kita lanjutkan

11. pilih yang pertama, enter. driver akan dicopy. trus kembali ke dialog, tekan S lagi

12. Muncul lagi 2 pilihan tadi, sekarang pilih 2. Enter. trus kembali lagi ke dialog.

13.  sekarang tekan enter untuk melanjutkan ke instalasi…

14. lakukan proses instalasi seperti biasa (partisi, format, dll) pada posisi copying files, akan diminta memasukkan disket1, ikuti aja, disket2, ikuti aja, disket1, ikuti lagi, disket2, ikuti lagi.

15. selanjutnya akan berlangsung seperti yang biasa ketika menginstall.

langkahnya kelihatan panjang, tapi sebenarnya tidak rumit. kita hanya perlu mencari Disket 2 buah yang baik, dan sebuah Floppy disk (jarang yang punya sekarang).

Alhamdulillah, 4 unit akhirnya selesai diinstal hari ini. Kasus ditutup dengan sukses…..Hore…..

Update:  ini dia alamat sumber saya tentang masalah Acer Aspire ini :

http://myblog.fachru-rozi.com/2008/11/acer-aspire-m1641-berhasil-di-ko-juga.html. Semoga bermanfaat….

8 Responses

  1. selamat…
    saya dari m’sia,
    mmg punya masalah yang sama..
    apa ya laman web untuk download driver tu ya?
    pls ya jawapannya secepat mungkin…
    o ya,,
    t/kc
    setelah baca blog anda rasanya agak cerah mau install xp ke acer saya..
    walau pun belim mencuba..
    trima kasih sekali lagi..

    • Trims udah berkunjung, saya sudah update blognya dan sudah saya kirimkan secara pribadi ke email anda, semoga dapat bermanfaat dan ajarkan juga ke orang lain ya….

  2. Kalau floppy disk ga ada bagaimana, pke usb flash disk bisa atau tdk,
    sms ke 085278086041

    • kebetulan dari windows xp mintanya pake floppy, jadi gak bisa digantikan. slot untuk kabel floppy biasanya ada di mainboard, tapi floppynya mungkin yang belum ada. jadi coba pinjam aja sama yang masih pakai floppy. biasanya pc build in menyediakan floppy.

  3. kalau file untuk di copykan ke floopy dimana bisa di dapatkan?

    • Biasanya waktu beli PC Build in sudah disediakan CD Drivernya, diambil dari cd driver itu aja. kalau gak ada silahkan aja cari di situs acer.

  4. Maksud, copykan file ke disket, file yang mana?

    • File yang kita copykan adalah file driver dari CD Driver yang dibawa bersama ketika beli PC tersebut.

Leave a Reply

