Pelajaran kelas X RPL : Desain Grafis, Adobe Photoshop CS3


Sebenarnya, saya bukan seorang desainer grafis, ditugaskan untuk mengajarkan desain grafis di jurusan RPL. Posisi ini saya emban dengan semangat karena ini akan menjadi pengalaman menarik untuk menambah ilmu dan mengokohkannya di dalam pikiran dan hati saya. Apalagi desain grafis merupakan lahan bisnis yang bagus untuk masa depan.

Di SMKN 6 Pekanbaru, Mata Pelajaran Desain Grafis Jurusan RPL diberikan pada semester ganjil kelas X. Jadi siswa-siswa baru yang rata-rata belum melek komputer diberi “hajaran” ilmu beruntun mengenai komputer. saya yakin mereka kelabakan dan pontang-panting. Saya sering membayangkan mereka kumpul di kantin, merencanakan ke warnet dan perpustakaan (kami belum punya perpustakaan yang memadai) untuk mengikuti kecepatan belajar saya buat, kemudian mereka merengek-rengek dengan orang tuanya untuk segera dicarikan komputer, biarpun bekas agar dapat mengulangi pelajaran komputer di rumah, karena gurunya yang bernama Azmi itu, mengajarkan komputer saling berkait antar mata pelajaran sehingga gak ngerti 1, yang lainnya juga bakal ketinggalan. Waaa……. keereeeeeeennnnnnn…….😀😀😀

Sebagai orang yang telah lumayan lama belajar komputer dan menjadi praktisinya, saya tentu sudah kenal dengan software Adobe Photoshop. Sering menginstallkan ke komputer para pelanggan, tapi terus terang saya belum pernah serius untuk mempelajarinya, saya sering terkagum-kagum terhadap gambar hasil editan di Photoshop, tapi tidak begitu menarik untuk mempelajarinya. Sebenarnya ketidak ketertarikannya hanya disebabkan karena tidak ada kasus yang serius untuk saya sehingga memaksa saya mempelajarinya. Sebenarnya saya sudah membeli 2 buah buku tentang Adobe Photoshop 7 lengkap dengan cd panduannya, tapi gak ngerti juga. Nah….. kali ini kena batunya saya.😦 karena mau gak mau harus pontang-panting mencari silabusnya, dan mempelajarinya sampai expert dalam waktu singkat. Makanya, siswa-siswa itu juga harus ikutan pontang panting seperti saya untuk belajar. Masa saya aja yang pandai mereka amatiran… gak la yaw….. hehehhehehh

Minggu pertama

Pertemuan pertama diadakan terlambat 2 minggu karena proses belajar telah berjalan ketika diputuskan mata pelajaran ini diadakan di kelas X. Maka, tidak menggunakan perkenalan lagi (dengan gurunya, kan udah kenal). Saya langsung tebar pesona terhadap mata pelajaran ini. Sasaran saya hari ini adalah membuat semua siswa merasa ini adalah pelajaran yang menantang dan penting sekali sehingga tidak ada waktu untuk bersantai dan mengenyampingkan pelajaran ini. Karena saya tidak memberikan tugas teori dalam pelajaran ini. Kronologisnya seperti ini :

– Penyampaian awal adalah betapa dunia ini indah sekali, dan semua dapat dituangkan dalam bentuk gambar. Saya memperlihatkan bahwa gambar itu memiliki sejarah perkembangan. Dari manual hingga high tech. Juga bahwa gambar-gambar itu dapat dikerjakan di komputer.

– Hubungan antara Desain grafis dan RPL. Peran kita sebagai orang yang bergerak di Rekayasa perangkat lunak, harus mampu sedikit-banyaknya untuk membuat dan mengedit gambar sehingga tidak terlalu bergantung terhadap desainer grafis untuk membuat gambar pada program-program yang akan dibuat nantinya. Saya selalu membuat beberapa perumpamaan sehingga mereka dapat membayangkan bahwa pekerjaan kita nanti akan lebih mudah dan cepat kalau bisa desain grafis.

– Apa saja yang termasuk dalam desain grafis,

-Materi apa yang akan kita pelajari nantinya. Program apa yang akan dipelajari. Karena banyak program yang termasuk kedalam desain grafis, tidak mungkin untuk dipelajari sekaligus. Maka di putuskan untuk mempelajari Adobe Photoshop dan kalau sempat Corel Draw.

– Lebih dalam mengenai photoshop. Apa itu photoshop, hal yang akan dapat dikerjakan jika kita adalah seorang yang bisa menggunakan program photoshop. Saya berikan contoh gambar hasil editan photoshop yang menurut saya indah dan disukai para siswa. seperti teks, gambar pemandangan, logo2 gaul, dll.

– akhirnya saya memberikan catatan tentang dasar-dasar photoshop, aturan-aturan ketika belajar dan apa proses yang menantang nantinya.

– Salam penutup dan tantangan untuk siswa….

Begitulah minggu pertama berlalu, sementara saya juga belajar siang malam meningkatkan kemampuan saya di bidang photoshop. menyelesaikan jobsheet yang saya buat sendiri sehingga saya menjadi mengerti kenapa ada perintah yang tidak ada hasilnya secara visual.

6 Responses

  1. aku rencananya juga mau mempelajari photoshop
    tapi gak tau kapan..🙂

    • Baiknya mulai dari niat, pas ada masalahnya harus belajar kita akan belajar banyak. Maka mari cari masalah… hancurkan …. hahhahahha😀

  2. nuhun o atas postingnya yg bagus…
    kenalkan saya Agus Suhanto

    • salam kenal kang Agus, saya azmi. senang belajar dan berbisnis. ada yang bisa dibisniskan?. hahahahah😀

  3. Ya, sebenarnya Q jga pngin mmplajarinya tp aku pernah mencoba tp kayaknya g menarik,mungkin krn belum di ajari photosop, mungkin nanti ketika akan mempelajari design web. Baru deh q belajar……!!!!!!

    • sama, dulu saya juga begitu.. tapi setelah terpaksa ngajar photoshop malah jadi suka sekarang….. santai aja…..

Leave a Reply

