Adobe Photoshop, Teks Plastik 3 Dimensi


Teks Plastik 3D

Teks Plastik 3D

Bayangkan sebuah tulisan 3 dimensi dibuat dengan bahan plastik. dihembuskan angin di dalamnya. bagaimana bentuk tulisannya. Dalam photoshop kita bisa membuat tulisan tersebut. Namun, perlu diawal kita ketahui 3 bagian menu penting dari photoshop. Sebelah kiri biasanya adalah tool yang digunakan untuk melukis dan mengedit gambar. sebelah kanan adalah pallet, berisi property dari kanvas kita. yang diatas adalah menu. 3 hali ini nanti akan sering disebut dalam proses kita.

Berikut cara membuat teks plastik 3D

1. Buka program Adobe Photoshop, buka kanvas baru dengan CTRL N atau Menu File, New.

2. Atur kanvas sebagai berikut :

width 8 cm, Height 4 5 cm, resolusi 100, content white.

3. Pilih warna foreground dengan warna gelap. caranya ubah warna pada pallet Color, warna yang diatas buat menjadi warna gelap. kemudian tekan ALT+Backspace.

4. Atur kembali warna foreground menjadi putih dengan menekan D kemudian X. kemudian aktifkan Tool Type dan buatlah teks sesuai dengan keinginan anda.

5. Pada pallet Layers ubahlah mode dari Normal menjadi Overlay,  selanjutnya pilih menu Layer > Rasterize > Type.

6. selanjutnya pilih menu layer > Layer style > Drop Shadow.

7. Setelah muncul kotak dialog Layer Style, atur angle = 122 derjat, size = 7. Klik tombol warna sampai muncul dialog Color Picker, Lalu pilih  warna yang lebih gelap dari warna yang digunakan  untuk mengisi layer background. Klik OK

8. Aktifkan pallet layers pada teksnya. kemudian tekan ctrl dan klik 2 kali pada kotak gambar teks. maka akan terarsir teks tersebut. Klik menu Select > Modify > Expand, 2 pixel.

9. Aktifkan tool Marquee dengan menekan tombol M, lalu geser ke kanan 1 x dan ke bawah 1 x untuk memindahkan seleksi, terus pilih EDIT > COPY MERGED, terus pilih EDIT > PASTE,

10. Masih dalam layer 1, Pilih LAYER > LAYER STYLE > BEVELL DAN EMBOSS

11. Atus spesifikasinya, Depth = 305, Size = 6, Soften = 3, lalu klik OK

12. Tekan CTRL + L untuk membuka dialog Levels. Seret bagian  atas paling kanan anak panah Input Sliders ke kiri sehingga menunjukkan angka 200, maka teks akan terlihat lebih terang.

13. Pilih Filter > Artistic > Plastic Wrap, atus spesifikasinya, Highlight Strength = 16,  Detail = 13,  Smoothness = 6

14. Langkah selanjutnya, Pilih Edit > Fade Plastic Wrap. Pada pallet layers, tentukan opacitynya menjadi 70, mode = Normal, lalu klik OK.

15.  Pada pallet Layers, aktifkan layer Background lalu tekan tombol “D” untuk menentukan warna foreground hitam. Tekan CTRL + A untuk memilih seluruh objek pada layer background.  Tekan tombol Backspace untuk menghapus background.

16. Tekan CTRL+D, lalu aktifkan layer paling atas. Pilih Layer > Layer Style > Drop Shadow. Aturlah spesifikasinya menurut selera anda, untuk menciptakan  teks bernuansa 3D

Selamat mencoba…..

Tetap kreatif Indonesia…………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: