Takut Data hilang ?, Pakai aja Gmail Drive…


Satu kejadian menarik beberapa minggu yang lalu menghampiri saya. Klien saya yang kebetulan masih keluarga, biasanya mereka (kantornya) mempercayakan masalah komputernya kepada saya. Hari itu komputernya rusak gitu, tapi kali ini yang di rumah, jalannya lambat. Ternyata virusnya banyak dan ada bad sector. Jadi akhirnya dilakukan perbaikan program. Masalahnya adalah saya lupa password admin (hahahha….. masalah manusia, pelupa..ntar ada postingnya khusus). Setelah solusinya dapat, bereslah kasusnya. Hari ini diantarkan. Malamnya terjadi malapetaka itu……Komputernya rusak akibat listrik mati. Akhirnya saya kembali kesana untuk mencari tahu masalahnya….

Awalnya saya menyangka itu adalah masalah VGA, karena setiap loading dan muncul logo Windowsnya langsung restart. Tapi setelah lama atur sana atur sini, ternyata terdengar suara berdetak diharddisk. Aduucccchhhhh….. Mati deh, harddisknya rusak. Saya langsung mau bawa pulang buat dicari solusinya, minimal menyelamatkan data. Nah… ini dia kasus beratnya. Berbagai cara dilakukan semakin lama semakin gak bisa dibaca harddisknya, kesimpulannya tidak bisa diselamatkan lagi……

Ganti harddisk, so pasti. Tapi harus dipetik pelajaran dari kasus yang saya dapati ini. Gimana caranya datanya aman, tanpa takut harddisk rusak. Memang sih ada banyak cara, tapi saya dapat info dari teman kalo google menyediakan data storage online. Jadi penasaran. ….e ternyata namanya gmail drive…

Apa kelebihan dari gmail drive?

Setelah kita install gmail drive di komputer, kita akan memiliki 1 drive di Windows explorer untuk menyimpankan data kita di gmail. Jadi tidak perlu membuka browser terlebih dahulu. Praktis…..

Data di gmail Drive dijamin kerahasiaannya dan tidak dapat disharingkan (kecuali ada yang tahu email dan password kita).  Aman dan banyak lagi, gmail menyediakan kalo tidak salah 7 Giga buat kita operasi. Syaratnya gampang, cukup punya account gmail, semua bisa….

Kalo mau donlod programnya silahkan search aja di http://www.4shared.com. ketik gmail drive.

Cara mengoperasikannya sama aja dengan windows explorer. Copy (Ctrl + C) file yang disimpan, klik gmail drive kita, dan paste (Ctrl + V). Prosesnya sama aja dengan kita mengupload data ke internet. Tapi yang penting data kita aman, ya gak….

Leave a Reply

