Wah, Harus siap jadi wakil Kota Pekanbaru Dalam Lomba Web Design !


Sejatinya LKS SMK se Provinsi Riau dilaksanakan pada tanggal 20 April, yaitu hari ini di Dumai. Jadi s

Logo LKS SMK 2010

ejak diperintahkan untuk mempersiapkan siswa dalam kegiatan LKS ini pada mata lomba Web Design, saya berusaha sebisanya untuk melatih mereka dengan ilmu yang memang secukupnya. kami awalnya tidak cocok karena mereka tidak disiplin, jadi saya tidak bersedia melatih mereka selama 2 hari. sampai masalah ini diselesaikan sama Kajur RPL. Saya pun dapat ide untuk membuat alasan yang kuat mengapa saya harus melatih looser2 ini.

Terus terang bagi saya, salah satu ciri-ciri pecundang itu adalah tidak disiplin ketika seharusnya dia aktif karena tanggung jawab ada ditangannya. Ide saya adalah memasukkan satu orang yang bermental pemenang, kata orang Pekanbaru “Cap Mau” sebagai “Sparing Partner” mereka. Alhamdulillah, meski harus belajar sampai tengah malam, siswa tandingan ini memang orang yang “Cap Mau”. Masih kelas X (kelas 1 SMK) tapi mau bersaing dengan seniornya dalam mata pelajaran yang sama sekali tidak pernah diikutinya. Untung dulu saya pernah korbankan dia pada lomba Desain Web Statis tanpa persiapan, jadi ada pengalaman berharganya kalah lomba.

Hasil akhir hari minggu seleksi siapa yang akan diturunkan jika hari senin diputuskan bahwa SMK Negeri 6 yang lolos jadi peserta LKS SMK Se Provinsi Riau. Ternyata dari 3 calon, sesuai perkiraan orang yang paling bagus diantara yang jelek muncul jadi peserta. Tapi saya tidak setuju jadi peserta kalau bikin malu saja. Saya bingung juga, apa yang harus dilakukan jika kita diperintahkan berangkat besok siangnya (senin). Karena tidak menemukan jawaban saya berserah diri pada Allah saja.

Senin, 19 April tidak ada informasi tentang lomba. Kepsek tidak menitipkan pesan buat saya mengenai LKS. Jadi saya anggap bahwa kami batal jadi peserta. Tapi hari Selasa 20 April, Kepsek langsung menanyakan kesiapan kami untuk LKS ini. Saya jadi heran, dengan santai saya tanya kembali “bukannya kita tidak jadi ikut buk?”. He… semua tertawa, rupanya saya yang ketinggalan berita. LKS dimundurkan jadi Tgl 29 April. Saya harus mempersiapkan siswa ini untuk ikut, karena sudah positif terdaftar sebagai peserta lomba. Panik, Resah, Tentu saya….

Gimana tidak, saya belum yakin kemampuan siswa ini pantas untuk ikut , tapi mesti ikut LKS. Tapi saya segera merenung, apa hal baik dari keadaan ini. Ternyata ada, yaitu :

1. Waktu masih ada untuk latihan sampai tanggal 28 April.

2. Saya dipercaya untuk mengambil orang lain yang ahli sebagai pelatih mereka, semua biaya ditanggung sekolah.

3. Siswa telah memiliki sedikit bekal untuk belajar lebih dalam dengan cepat bersama seorang ahli web programming. Jadi pencapaian target diharapkan bisa maksimal.

Berdasarkan hal ini, hati saya agak tenang. Kami langsung latihan hari ini, dengan berusaha menyelesaikan masalah yang tidak putus kami latih hari minggu lalu. Sebelum usai latihan, saya sempatkan sholat ashar berjamaah dengan siswa, sambil memberikan motivasi agar mereka mau berusaha dan berkorban untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga nanti kami pantas menjadi wakil Kota Pekanbaru, kami sangat berharap juga nanti menjadi wakil dari Provinsi Riau di ajang LKS Nasional 2010. Amiin…

Leave a Reply

