LKS SMK Dumai 2010 : Hari ke 3, 2 Mei


Ada sedikit kesempatan untuk mengisi blog walau sebenar disempat-sempatkan aja. Saya kembali terkenang ketika di Dumai mengikut LKS SMK, hari ketiga. Hari itu adalah hari terakhir perlombaan. tapi sebelumnya saya ceritakan pembicaraan saya (evaluasi) terhadap web design dari utusan Pekanbaru.

Malam itu, tgl 1 Mei, saya putuskan kita istirahat sejenak untuk kembali latihan jam 9 malam. Jadi malam itu saya ke kamar siswa, untuk membicarakan persiapan esok hari. Sebelum belajar dimulai saya review dulu hasil pekerjaannya hari itu. Ternyata tampilan web yang dibuatnya tidak istimewa, flashnya tidak jalan. gak matang rupanya pembuatannya. Saya sebenarnya maklum aja, panitia dumai adalah SMK Taruna yang siswanya juga peserta lomba Web Design. Disana mereka belajar pake Flash MX, Dreamweaver MX 2004. Sedangkan aturan dari Nasional pake Flash CS3, Dreamweaver 8. Karena mereka gak bisa, peraturan di dumai mereka buat memakai Flash MX dan Dreamweaver MX 2004. Saya mengajarkan ke siswa untuk menguasai Dreamweaver 8 dan Flash CS3. Hasilnya banyak fitur dan tampilan yang gak familiar.

Saya katakan biarlah, kita kuatkan di Web Programming. Karena kabarnya peserta lain cuma bisa Design gak bisa Programming. Mungkin dengan Tampilan secukupnya (sesuai dengan kategori, tapi gak ada lebihnya), tapi di programming bagus bisa juga menang. Akhirnya kami tuntaskan belajar jam 12.30. sampai jumpa esok hari.

Paginya saya bangun dan cari sarapan sendiri. Alhamdulillah hari ini tidak hujan. Singkat cerita waktu menunggu jemputan harapan saya besar kiranya panitia menjemput kami jam 7 untuk segera berangkat ke lokasi. tapi waktu berlalu mereka belum juga menjemput. wa….. panitia ini memang lah, gak nyadar juga masalah mereka itu di transportasi. saya inisiatif mencari tumpangan dari siapa kek, yang penting segera berangkat. Alhamdulillah ada mobil (kayaknya dari dinas setempat tapi bukan panitia yang bertugas) yang mau mengantarkan kami ke lokasi. kami berangkat duluan. masih ada beberapa orang yang belum berangkat.

Setiba disana, ternyata masih sepi, semua pada persiapan untuk materi hari ini. saya, santai aja. menunggu ada pertanyaan dari siswa saya. saya liat dia ragu-ragu sekali terhadap kemampuannya. karena gak tau mau ngapain, saya cek makanannya, rupanya lupa bawa, jadi saya belikan dulu. Ketika lomba di mulai, banyak yang mengaku gak bisa web programming sama sekali. he…. saya agak melayang mendengarnya, karena posisi pasti makin bisa naik ni. kurang bagus di desain tapi di programming bagus kan oke juga. ya udah, saya tenang aja.

lucunya adalah ketika lomba berlangsung, peserta pada serius semua kecuali dari dumai, keluar masuk terus tiap 5 menit. dasar mental lemah, saya pikir. Untuk menang musti nyontek guru dulu, terserah deh. mau menang atau kalah yang penting lomba dulu. Jadi saya sama sekali tidak khawatir mengenai sikap peserta dari Dumai itu, karena saya tau bahwa juri itu profesional. Pasti melihat gelagat tidak baik tersebut. Siang hari, saya mengantuk sekali, jadi 1 jam-an saya gak sadar lagi ada moment apa. yang penting saya tenang dan bugar kembali.

Saya pikir karena lomba dapat selesai dengan cepat, kami bakal cepat pulangnya, eh… ternyata panitia masih aja bobrok kayak kemarin. dari jam 4 kami selesai, jam 7.30 malam baru dijemput. sebel, capek dan segalanya. Ini benar-benar pelayanan yang paling jelek soal transportasi, panitia tidak sukses ni….

Awalnya, saya berharap kalau kami dapat menang dalam LKS Provinsi ini. Tapi setelah saya bandingkan antara soal LKS Provinsi dengan Nasional, ah… lebih baik tidak menang agaknya, atau paling tidak bukan juara 1. Ah… biarlah Allah yang memutuskan yang terbaik. dan saya pun tidur dengan susah payah….(kelewat ngantuk, udah lewat moment nya)….

Leave a Reply

