Membuat Pupuk Kompos dari sampah rumah tangga


Setelah posting masalah sampah kecil yang disebut sampah rumah tangga, berikut solusi yang dapat dicoba bersama. Yang harus diingat bahwa ini bukan untuk komersil, karna nilai keekonomiannya tidak signifikan kalau diperhitungkan, tapi kalau dilihat dari efek jangka panjangnya, kebiasaan ini sungguh amat baik dan bermanfaat bagi setiap keluarga/rumah tangga. Artikel ini berdasarkan video wawancara rano karno dengan pak Syarifuddin (kalau gak salah) via youtube.

Pupuk kompos adalah pupuk alami yang dibuat dari bahan tanaman atau sampah, bukan kotoran. Karena kalau pupuk dari kotoran hewan disebut pupuk kandang. Ciri-ciri pupuk kompos yang utama adalah warnanya hitam dan tidak berbau, teksturnya halus tapi bukan pasir/tanah. Dipasaran ada juga yang menjual pupuk kompos yang sudah dicampur tanah, bahkan dicampur pupuk kandang. Namun yang kita buat bukan yang seperti itu.

Ada 2 jenis pupuk kompos yang dapat dibuat yaitu pupuk kompos halaman yang berasal dari sampah halaman seperti dedaunan kering dan segar. Kedua pupuk kompos rumahan yang berasal dari sampah rumah tangga.  Nah, yang kita bicarakan adalah cara membuat pupuk kompos rumahan. Apa yang harus disiapkan ?.

A. Media tanam.

Media tanam maksudnya tempat untuk mengolah pupu kompos. kita dapat menggunakan macam-macam media seperti bekas gentong, ember cat, ataupun bekas tempat kain kotor (tau kan yang kotak banyak lubang anginnya). Apa syaratnya :.

1. ada lubang angin dibawahnya, kalau bekas gentong air ya dilubangi dulu beberapa buah (hati-hati melubanginya), kalau bekas ember cat di lubangi dulu dibawahnya. Pokoknya dibawahnya dilubangi agar ada udara masuk ke dalam media tanam. khusus bekas tempat kain kotor  yang lubangnya anginnya ada dimana2, baiknya dimasukkan kedalamnya kardus, kemudian kardusnya yang dilubangi.

2. bantalan isi sekam. ini dibuat sebagai batasan antara pupuk kompos dengan media tanam. gunanya untuk memberikan jalan masuk hawa dari luar dan menghalangi pupuk menutupi lubang. jadi dalam proses pemanasan kompos akan terjadi pertukaran udara. bagian atas juga dibuatkan tutup dari bantalan isi sekam tadi, jadi ada 2 buah.

3 tutup atas, pastikan tutup bagian atas selalu ada. kalau tidak ada ya dibuat aja (gitu aja kok repot hehehe). minimal tripleks yang diberi pemberat.

B. Biang Kompos.

Biang kompos adalah pupuk kompos yang sudah jadi, pastikan biang kompos adalah asli, bukan campuran dengan Tanah atau dicampur dengan pupuk kandang. Kalau kita mau buat sendiri juga bisa, namanya pupuk kompos halaman. cara pembuatannya berbeda dengan pupuk kompos rumah tangga. Tapi kalau sudah punya 1 set pupuk kompos rumah tangga, bisa dijadikan biang untuk proses berikutnya. Biang Kompos ini diperlukan sebanyak 1/3 dari ukuran media tanam.

C. Sampah rumah tangga

Sampah rumah tangga yang dapat dimasukkan dalam proses ini seperti :

1. jenis kulit buah-buahan : kulit pisang, jeruk, rambutan, manggis, dan lainnya. potong dahulu menjadi kecil-kecil agar proses penguraian menjadi mudah dan cepat.

2. Jenis sayuran : kangkung, bayam, daun ubi, kulit bawang, bawang, cabe, tomat, kentang. potong dahulu menjadi kecil-kecil agar proses penguraian menjadi mudah dan cepat.

3. Sampah lain yang tidak busuk : nasi, roti, dll. yang penting tidak mendatangkan belatung dan dapat diuraikan bakteri.

sampah rumah tangga yang tidak boleh dimasukkan adalah :

1. sampah dari hewan : kotoran hewan, daging hewan, tulang ikan, dll.

2. sampah yang tidak bisa diurai atau terlalu lama diurai oleh bakteri seperti : plastic, kertas, besi, kaca dll.

3. sampah B3 dan kimia : sampah kimia dan limbah berbahaya seperti batrai, cat, cairan kimia lainnya.

D. Langkah Kerja.

1. Lakukan ini untuk pertama kali. siapkan media tanam, masukkan bantalah isi sekam dibawah, dan masukkan biang kompos. tidak usah dipadatkan, karena bakteri juga butuh space. masukkan sampah rumah tangga hari ini, tidak perlu tunggu banyak dulu karena tiap hari akan ditambah juga. aduk rata, jadi antara biang dan sampah rumah tangga bercampur. tutup dengan bantalan isi sekam dan tutup media tanam.

2. Esok harinya dan hari -hari berikutnya, lakukan hal ini. buka tutup atas dan bantalan isi sekam yang diatas. aduk dengan sekop tangan isi media tanam, kemudian masukkan lagi sampah rumah tangga hari ini, ratakan kembali. jika adonan kompos kita terasa kering, tambahkan sedikit air untuk melembabkan.tutupi dengan bantalan isi sekap dan tutup atas kembali.

3. lakukan hingga 2 sampai 4 bulan. biasanya sekitar bulan ke 2 atau ke 3 sudah ada bagian yang bisa diambil. ciri-cirinya : berbentuk seperti Tanah dengan tekstur yang halus, warnanya hitam dan tidak berbau. jangan ambil semuanya, tinggalkan 1/3 sebagai biang. Nah, yang diambil tadi bisa dijadikan biang untuk tempat yang baru lagi. atau langsung dijadikan pupuk untuk tanaman.

Proses penyimpanan baiknya tidak terkena matahari langsung, boleh saja di dalam rumah karena tidak berbau. Media tanam sebaiknya tidak terlalu besar untuk memudahkan proses mengaduk.

Demikianlah proses pembuatan pupuk kompos dari sampah rumah tangga. semoga bisa mengurangi masalah  sampah di perkotaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: