Pengalaman baru lagi, jadi pembimbing LKS SMK bidang Web Design


Hidup terus berlanjut, kabar baru terdengar sebagai tantangan. Bulan Mei 2010 ini akan diadakan LKS SMK Nasional di Arena PRJ Kemayoran Jakarta. informasi diterima tanggal 1 April 2010, posting terlihat pada tanggal 28 Maret. Terus terang saya terkejut dengan informasi dari http://www.ditpsmk.net ini, karen lombanya diadakan tanggal 12 s.d 17 Mei tau nya kok baru april ini, kapan seleksi daerahnya?. Untung saja kepsek memberitahukannya waktu itu, dasar saya nya yang tidak pernah membuka situs ditpsmk jadi ketinggalan sedikit informasinya. Saya langsung download mata lomba yang berhubungan dengan SMK N 6, siapa tahu bisa ikut untuk maju ke event Nasional ini. Karena menurut saya dan sebagian besar sekolah bahwa event yang diadakan oleh dinas terkait secara nasional merupakan event bergengsi dan memiliki pamor tinggi.

Untuk SMK baru seperti kami, event LKS merupakan peluang untuk berbicara dan mencuri perhatian. Untuk diketahui bahwa jurusan Mekatronika SMK Negeri 6 Pekanbaru pada tahun 2009 lalu menduduki peringkat ke 8 pada LKS Nasional. Tahun ini kami semua bertekad untuk mengukirkan nama SMK Negeri 6 Pekanbaru kembali di LKS Nasional. Setelah ngalor ngidul konfirmasi sana sini, plus kepsek sibuk mencari celah di dinas untuk memasukkan SMK Negeri 6 Pekanbaru dalam daftar calon peserta LKS, dipastikan mata lomba Mecatronich diikuti oleh Provinsi Riau karena jurusan ini hanya ada di SMK Negeri 6 Pekanbaru. Sedangkan mata lomba lain dalam proses negoisasi.

Ada yang aneh?????, memang. tidak ada seleksi, tapi sebenarnya tidak juga. Dapat ditelaah dan dimaklumi bahwa mengingat waktunya yang sangat singkat untuk mempesiapkan diri maka tidak banyak yang bisa dilakukan. Setidaknya kesiapan peserta akan dipastikan begitulah…. Nah, tersebarlah informasi untuk mata lomba yang harus melewati seleksi, Dinas pendidikan Provinsi Riau mengadakan LKS SMK Tingkat Riau tahun 2010 di Dumai pada tanggal 20 s.d 22 April ini. Sedangkan untuk kota pekanbaru tidak diadakan seleksi, main tunjuk dan negosiasi saja. Yang penting kan hasilnya, kesiapan peserta untuk ke Dumai itu, harus membikin bangga Pekanbaru. Sudah dipastikan jurusan akuntansi dan Grafika tidak kebagian ikut LKS, tapi jurusan RPL masih menunggu kepastian keikutsertaannya ke Dumai. Kemungkinan hari senin ini 12 April keputusan kesempatan ini dibawa oleh sekolah mana. Sebenarnya jurusan RPL SMK N 6 Pekanbaru bisa ikut serta pada 2 mata lomba yaitu IT Application dan Web Design, tapi IT Application sudah diambil oleh sekolah lain. Tinggal kesempatan untuk bidang Web Design, menurut kepsek kemungkinannya 50-50 karena dalam seleksi nama cuma SMK N 6 yang merupakan sekolah negeri sedangkan yang lainnya adalah sekolah swasta. Untuk itu saya ditunjuk sebagai pembimbing mata lomba Web Design dari SMK Negeri 6, terlepas dari kepastian keikutsertaan di hari senin nanti.

Saya memiliki waktu kurang lebih seminggu untuk mempersiapkan siswa ke ajang LKS SMK Se Provinsi Riau tanggal 20 mendatang, artinya ini misi kerja keras dan kerja lembur…. hahahahha….tapi bukan itu masalah yang di emban, lebih berat dari sekedar kerja lembur. Saya memilih 2 orang calon peserta yang dianggap terbaik di bidang web design. Terbaik bukan berarti menguasai, padahal mereka belum pernah membuat website utuh, yang kacaunya lagi saya merasa juga belum pernah membuat website utuh. Waktu UN Praktek lalu saya juga membimbing siswa kelas XII untuk materi website, tapi ini kan perlombaan. Peran ini saya jalani dengan keyakinan bahwa kami pasti bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Kedua siswa ini adalah yang terbaik yang sanggup menerima materi dengan cepat dan kreatif. Tinggal daya juangnya saja yang ditambahkan. Hari Sabtu ini kami mulai pelatihan intensif untuk membuat situs ¬†sesuai dengan petunjuk dari soal LKS Nasional. Situs ini harus profesional, apik, enak dipandang, cepat, user friendly, menggunakan PHP dan mysql, CSS, Javascript. Semuanya harus selesai dalam waktu 10 jam kerja. jadi saya harus online terus untuk mencari tutorial terbaik tanpa wizard untuk menciptakan website dengan waktu 10 jam tapi hasilnya maksimal.

Semoga Allah meridhoi semua usaha dan kerja keras kami. MESTAKUNG !!! CAYO……

About these ads

4 Responses

  1. salam kenal pak blognya bagus, saya salah seorang guru SMP Nurul Falah Pekanbaru. ini blog pribadi saya

    http://smpnf.wordpress.com kalau ini blog sekolah dimana saya mengajar.

    • Salam kenal juga pak Syaiful. Saya senang sekali ada guru yang aktif di internet untuk berbagi. Semangat pak !. Kalau ada siswanya yang berminat masuk jurusan RPL, silahkan di SMK Negeri 6. Ada juga jurusan unik dan potensial lainnya

  2. as…
    mau tanya pak
    mengenai lks di dumai info nya dari siapa?
    jurusan akuntansi dari pekanbaru sekolah mana yang mewakilkan?

    balas

    • Infonya dari Kepsek SMK saya. kalau jurusan akuntansi saya kurang tahu, soalnya sekolah kami tidak tertarik ikut serta di akuntansi, banyak yang lebih baik. biasanya yang ikut itu dari SMKN 1.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: