Asp Classic yang masih digunakan


Hai hai hai….

lama sekali tidak mengisi blog ku ini. blog tua, dah lama jadi teman curhatku. Setelah 4 tahun mengabdi di dunia pendidikan sebagai guru biasa aja, akhirnya bosan juga. Tipeku memang gitu, aku cari terobosan baru demi mencapai cita-cita yang mulia, daripada masuk ditempat mulia tapi penuh dosa (buatku). aku transit di perusahaan programmer job vacancy, 3 bulan aja, nyambi jadi dosen selama setahun. Akhirnya Allah menjawab doaku dan keluarga besarku. ada pekerjaan ditawarkan jadi programmer asp classic di Duri-Riau. Wow banget. saat itu awal ramadhan 2014 (medio juni/juli). sambil menyelesaikan tugas nilai dan apa lah dari kampus, secara jadi dosen gitu loh… :). siapin diri buat melamar kerja di duri. sebenarnya gak melamar juga sih, wong aku diminta untuk kerja disitu walaupun flagnya sudah dititip dari dulu (bang, kalau ada butuh anggota tim programmer lagi kontak aku ya… hehehheh). Nah, flagnya sekarang berguna juga.

Bicara Asp classic, sebenarnya dari tahun 2002 aku sudah belajar dan menggunakannya pada report project-project vb 6 ku. tapi sejak lompat jadi pengusaha dulu (weleh, buka cerita dulu lagi, jadi ngantuk…) udah jarang (gak pernah lagi, keles..) menggunakan asp classic. Dulu, sebutannya cuma ASP (active server pages kalau ndak salah). jadi kesimpulannya gak terlalu sulit untuk kembali, meskipun belajarnya juga tetap harus intens. Kenapa saat ini disebut asp classic, tentu karna ada yang modern. Ya, saat ini sudah popular di dunia persilatan web extensi aspx. ini lah asp modernnya. aplikasi pembangunnya adalah visual studio dot net. jauh sekali bedanya dengan asp classic,meskipun sintaksnya masih ada yang lama.

Asp classic dan asp.net ini dibesut oleh Microsoft. menggunakan web server IIS juga dari Microsoft. database bisa bebas tergantung pilihan pengguna, tapi yang harus diingat driver dan connector untuk database harus punya juga. Asp classic bersifat server side alias prosesnya terjadi di server, sama dengan PHP. sedangkan sebelumnya juga dengan kode yang mirip juga dirilis vbscript, untuk client side alias prosesnya di client seperti juga dengan javascript. Jika kita menggunakan webserver IIS, maka engine asp otomatis sudah ada disana, tinggal digunakan saja. untuk bagaimana caranya membuat webserver IIS di localhost silahkan cari sendiri. mbah google punya banyak …. 😀

Bagaimana ciri khas asp classic ?.

seperti web developer script lainnya, tentu ada yang khas dari asp classic. berikut beberapa diantaranya :

1. sama seperti PHP, boleh diletakkan sendiri atau diantara kode html, yang penting di dalam tanda “<%” dan “%>”.

2. prinsip kodenya sama dengan vb 6. jadi buat yang familiar dengan vb 6 pasti gampang bermain di asp classic. sedangkan yang familiar dengan vb.net, bisa langsung bermain di asp.net.

3. kalau di PHP ada echo, di asp classic ada response.write, buat apa ? untuk menampilkan versi html alias teks.  tapi kalau cuma mau sisipkan teks saja tanpa operasi prose yang panjang cukup gunakan kode <%=kata-katanya%>, sama juga dengan artinya response write “kata-katanya”

segitu dulu ah….. ada yang ngintip. ndak enak diliatin manager…. hehehheheh.

4 Responses

  1. Assalamualaikum,
    butuh bantuan untuk ajar menggunakan asp klasik + vbscript + javascript…
    [admin: saya izinkan email anda dipublish disini]
    contact : tarabas.din.htc@gmail.com

    • Wa’alaikum salam.
      Alhamdulillah saya sudah hampir 3 tahun berkecimpung di ASP classic secara professional. asp classic + HTML5 + vbscript + javascript + jquery + oracle + json + lain-lain dah… seru banget, dengan sintax yang terbatas tapi tetap eksis. untuk oracle sangat powerfull, sangat membantu.

  2. mas mau tanya, kl ASP Classic bs menerapkan html5+javascript + jquery +json jg ya?, databaseny apakah bs pk my sql server?

    • Bisa, konsep web client SPT html5, jQuery,Json, xml sama dengan PHP, tetap bisa. Yg beda web servernya aja. DB mysql tentu bisa, asalkan telah diset connecting settingnya….

Leave a comment